Yuk, Hentikan Kebiasaan Meniup Makan dan Minuman Sekarang

Yuk, Hentikan Kebiasaan Meniup Makan dan Minuman Sekarang

By : Admin | On : 12 NOVEMBER 2018 | 900 VIEWS

Hujan-hujan paling enak pasti makan dan minum yang hangat-hangat ya, apalagi bersama dengan teman-teman, pasti lebih mengasyikan dan menambah keakraban. Tapi sadarkah kalian bahwa kalian cenderung akan meniup makanan atau minuman tersebut agar cepat dingin dibanding dengan membiarkannya dingin sendiri?

Ya, orang-orang cenderung lebih suka meniup makanan agar cepat dingin, padahal itu tidak dianjurkan, lho. Kebiasaan itu ternyata malah dapat beresiko bagi kesehatan kita. Tapi kenapa? Berikut beberapa penjelasannya

Bakteri dan Virus dari Mulut Bercampur dengan Makananmu yang Sudah Dingin

Meniup makanan atau minuman panas memang bertujuan untuk mendinginkan dengan lebih cepat dan jadi lebih nyaman untuk dikonsumsi. Makanan atau minumanmu memang benar lebih cepat dingin, hanya saja akan ada banyak bakteri dan virus yang kemudian bercampur dengan makanan dan minumanmu.

Mulut banyak mengandung banyak mikrooganisme berupa bakteri dan virus. Dengan meniup melalui mulut, otomatis bakteri dan virus tersebut akan dengan mudah berpindah. Jadi bisa dong dibayangkan apa yang terjadi jika anda meniup makanan atau minumanmu?

Terjadi Reaksi Kimia yang Menghasilkan Senyawa Berbahaya, Asam Karbonat

Kasus lain malah lebih berbahaya, akan ada reaksi kimia yang menghasilkan asam karbonat saat meniup makanan atau minumanmu. Secara alami, asam karbonat atau H2CO3 merupakan sebuah senyawa kimia yang sudah ada di dalam tubuh untuk mengatur kadar keasaman darah.

Proses meniup makanan akan membuat makananmu menjadi mengandung asam karbonat akibat reaksi kimia yang terjadi antara karbondioksida (CO2) dan air (H20). Hasilnya, kadar keasaman darah menjadi tidak stabil dan berbahaya untuk kesehatan, khususnya jantung.

Partikel Sisa Makanan di Mulut Bisa Masuk ke dalam Makananmu Juga

Sudah pasti bahwa mulut adalah tempat pertama kali makanan diolah. Dalam mulut, makanan akan dihaluskan agar dapat dicerna dengan mudah. Nah proses menghaluskan ini akan meninggalkan banyak partikel yang tertinggal di dalam mulut. Bahkan dengan sikat gigi pun belum tentu dapat menghilangkan partikel-partikel tersebut. Nah, partikel tersebut dapat berpindah dari mulut saat meniup makananmu.

Menunggu memang membuat kesal, tapi jika lebih sehat, kenapa tidak? Masih banyak cara lain untuk mendinginkan, anda bisa membiarkannya menyesuaikan dengan suhu ruang atau mendinginkannya dengan kipas. Jadi, jangan lagi tiup makanan atau minuman, ya!

Mitra

Contact Us

Desa Semedo RT 05 RW 05 Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, KP 53164
semedomanise@gmail.com

08112511055

Social Media