Penyakit yang Dapat Mengintai Setelah Imlek

Penyakit yang Dapat Mengintai Setelah Imlek

By : Admin | On : 04 FEBRUARI 2019 | 78 VIEWS

Imlek telah tiba! Bagi Anda yang merayakan Tahun Baru Cina atau Imlek, pasti perayaan ini sudah sejak lama ditunggu, ya! Tapi, sebenarnya apa sih yang paling ditunggu saat Imlek, berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara atau mendapatkan Angpau? Hahahaha. Yang pasti perayaan Imlek ini selalu meriah dengan lampion-lampion dan pertunjukan barongsai yang didominasi warna merah.

Ada satu hal lagi yang tidak boleh ketinggalan. Makanan. Bukan perayaan jika tanpa makanan khas yang membuat berkumpul bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan. Makanan-makanan olahan Ayam, Bebek, Daging Babi, Ikan Bandeng dan Mie Goreng biasanya menu wajib yang selalu ada di setiap perayaan Imlek di Indonesia. Tak ketinggalan pula, Yu Sheng, salad khas Imlek yang terdiri dari aneka macam sayuran dan ikan.

Ada pula kue keranjang yang sangat terkenal dan berbagai macam manisan yang biasa diletakkan dalam kotak segi delapan. Manisan-manisan seperti ini biasanya yang paling cepat habis, ya? Siapa sih yang menolak makanan manis?

Tapi, perasaan senang akan perayaan ini bisa saja membuat Anda menjadi kalap menyantap makanan-makanan di atas. “Ah, hanya setahun sekali!” Anda pasti berpikir begitu bukan? Tapi tahukah Anda, bahwa ada banyak penyakit yang mengintai jika Anda tidak mengontrol banyaknya makanan yang Anda santap.

Penyakit Apa yang Bisa Muncul Saat Makan Sembarangan di Waktu Imlek?

  1. Tekanan Darah Tinggi

Kebanyakan makanan Imlek menggunakan daging sebagai bahan utamanya, bukan? Entah daging Ayam, Bebek maupun daging Babi. Nah, bahan ini lah yang memicu naiknya tekanan darah Anda. Gangguan tekanan darah ini dapat berbahaya untuk kesehatan pembuluh darah dan jantung, lho. Selain itu, tekanan darah yang terlampau tinggi juga mampu menyebabkan stroke.

  1. Kolesterol

Selain dapat menyebabkan darah tinggi, makanan berdaging dan berlemak yang Anda santap juga berpotensi menyebabkan kadar kolesterol jahat (LDL) meningkat. Kalau sudah begini, Anda pun menjadi rentan terkena penyakit jantung koroner, penyumbatan pembuluh darah atau stroke.

  1. Asam Urat Tinggi

Tahukah Anda? Asam urat yang terkenal sebagai penyakit orang tua itu juga bisa menyerang mereka yang masih muda, lho. Produk makanan berbahan ikan yang mengandung purin yang tinggi justru dapat menyebabkan kadar asam uratmu menjadi tinggi. Jika terjadi, hal ini dapat memicu rasa nyeri dan pegal di area pinggang, lutut dan tangan. Atau bahkan, Anda dapat mengalami gangguan ginjaljika tidak segera ditangani.

  1. Diabetes

Melihat manisan yang begitu lezat dapat membuat kalap dan ingin terus memakannya. Akibatnya, gula darah anda dapat meningkat secara tiba-tiba dan dapat menyebabkan diabetes. Oleh karena itu, tetap kontrol pola makan, terutama saat berhadapan dengan makanan dan minuman manis.

Nah, perayaan harusnya menjadi waktu yang membahagiakan, ya. Jadi tetap atur pola makan dan batasi makanan yang Anda santap. Jangan sampai setelah bersenang-senang, Anda malah bersedih karena penyakit-penyakit di atas mulai berdatangan.

Mitra

Contact Us

Desa Semedo RT 05 RW 05 Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, KP 53164
semedomanise@gmail.com
0813-2722-1055

Social Media