Menjadi Lebar-an Setelah Lebaran, Kenapa Ya?

Menjadi Lebar-an Setelah Lebaran, Kenapa Ya?

By : admin | On : 10 JUNI 2019 | 37 VIEWS

Beberapa dari Anda mungkin merasakan adanya perubahan berat pada badan Anda. Sampai-sampai rasanya takut melihat angka yang semakin bertambah di timbangan. Hmm, ada apa ya? Kenapa setiap setelah bulan puasa dan Lebaran usai, tubuh menjadi semakin lebaran? Mungkin 3 hal ini penyebabnya!

Kurang Aktivitas Fisik

Selama puasa, Anda mungkin mulai mengurangi aktivitas fisik yang mungkin bisa menyebabkan kelelahan, haus dan lapar. Padahal, sebenarnya Anda bisa lho mengakalinya dengan olahraga-olahraga ringan setelah sahur atau saat akan berbuka, misal :

Berjalan-jalan di sekitar komplek rumah setelah sahur dan menunaikan solat shubuh, lalu melakukan sedikit peregangan otot.

Saat akan berbuka, Anda bisa melakukan jogging ringan sekaligus ngabuburit dan mencari makanan untuk berbuka.

Setelah solat tarawih, Anda bisa mulai melakukan sedikit olahraga berat seperti push up, sit up, jumping jack dan sebagainya.

Makan Terlalu Banyak di Satu Waktu

Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa tubuh menjadi lebih berat setelah puasa. Saat Anda mengonsumsi makanan yang terlalu banyak pada satu waktu, maka tubuh juga akan menyerap atau menghasilkan energi yang banyak juga. Jika energi-energi tersebut tidak digunakan, maka tubuh akan mengubahnya menjadi cadangan makanan dalam bentuk lemak.

Ini lah yang harus Anda hindari. Cobalah untuk makan secara bertahap. Atau minumlah air putih sebelum makan untuk menghiindari mengonsumsi makanan yang terlalu banyak.

Mengonsumsi Makanan yang Kurang Baik

Makanan-makanan seperti gorengan dan fast food biasanya menjadi hidangan favorit saat berbuka. Padahal makanan-makanan ini biasanya mengandung lemak jenuh yang tinggi, MSG hingga kolesterol.

Sedangkan saat berbuka, Anda pasti tidak bisa hanya mengonsumsi satu buah gorengan saja, bukan? Sehingga dalam sekejap pun kolesterol yang biasanya Anda hindari menjadi bertambah. Bayangkan jika Anda melakukannya selama sebulan.

Sudah mengetahui penyebabnya? Jadi sebenarnya bukan hanya Opor dan Rendang yang Anda konsumsi dalam satu hari saja yang menjadi tersangka naiknya berat badan Anda. Tapi kebiasaan Anda selama bulan puasa lah yang juga berpengaruh.

Mitra

Contact Us

Desa Semedo RT 05 RW 05 Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, KP 53164
semedomanise@gmail.com
0813-2722-1055

Social Media