Hati-hati! Penyakit Ini Mengintai Setelah Lebaran!

Hati-hati! Penyakit Ini Mengintai Setelah Lebaran!

By : admin | On : 03 JUNI 2019 | 50 VIEWS

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran segera tiba! Merupakan hari kemenangan yang dinanti-nantikan oleh umat Islam di seluruh dunia setelah sebulan penuh berpuasa. Di hari Lebaran, kita akan bersilaturrahmi, mudik dan berkumpul dengan sanak-saudara. Tak ketinggalan puna kuliner khas Lebaran yang akan memenuhi meja dan sangat menggugah selera. Tapi, tahukah Anda, bahwa ada lima penyakit yang mengintai setelah Lebaran?

  1. Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Infeksi Saluran Pernapasan Atas atau yang lebih sering dikenal dengan ISPA. Gejala yang paling sering muncul adalah batuk dan pilek. Selain itu, gejala ISPA juga meliputi demam ringan, bersin-bersin, hidung tersumbat, tenggorokan gatal dan nyeri.

ISPA biasanya disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang saat daya tahan tubuh seseorang sedang melemah, kelelahan maupun kurang tidur. Mengingat banyaknya kegiatan saat Lebaran, kemungkinan itu terjadi sangatlah besar. Terlebih bagi Anda yang harus mudik dengan menggunakan kendaraan darat dan berkunjung ke tempat kerabat untuk bersilaturrahmi.

Paparan polusi dan udara yang kotor dapat meningkatkan risiko terkena ISPA. Sehingga gunakanlah masker untuk mengurangi risiko terpapar virus ISPA.

  1. Diare

Berbagai macam makanan yang disajikan saat Lebaran memang menggugah selera! Terlebih setelah sebulan berpuasa, rasanya ingin balas dendam dengan mengonsumsi semua makanan yang ada. Tapi hati-hati, mengonsumsi makanan yang dapat mengiritasi lambung seperti makanan pedas, asam, berminyak dan minum minuman bersoda dapat membuat Anda terkena diare, lho!

Jadi, jangan sampai kalap ya. Jika sudah terjadi, pastikan Anda segera mengganti cairan dan elektrolit yang keluar dengan segera. Anda bisa minum oralit atau sekadar air putih, lalu cobalah konsumsi obat diare dan menghindari makanan serta minuman yang dapat memicu diare. Jika diare berlanjut, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

  1. Maag

Tidak hanya diare, makanan berminyak, asam, pedas dan mengandung gas pun dapat memicu Maag. Terlebih bagi Anda yang telah memiliki riwayat penyakit ini. Belum lagi aktivitas Lebaran yang sibuk sehingga waktu makan menjadi tidak teratur. Oleh karena itu, jika Anda memiliki riwayat Maag, ada baiknya untuk menyediakan obat Maag jika sewaktu-waktu Maag anda kambuh dan hindari faktor penyebab kambuhnya Maag sebaik mungkin.

  1. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi yang ditandai dengan meningkatnya tekanan darah di atas batas normal. Hipertensi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah karena konsumsi garam yang berlebih.

Sedangkan, selama Lebaran, makan yang disajikan kebanyakan memiliki kandungan garam yang tinggi, sehingga dapat memicu naiknya tekanan darah. Oleh karena itu, bijak lah dalam memilih dalam mengonsumsi makanan saat Lebaran.

  1. Hiperkolesterolemia dan hiperglikemia

Hiperkolesterolemia merupakan kondisi dimana kadar kolesterol dalam tubuh meningkat. Sedangkan hiperglikemia adalah kondisi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah di atas normal.

Hidangan Lebaran pasti tidak jauh dengan hidangan bersantan, manis dan berminyak. Tidak lupa pula berbagai macam makanan yang digoreng. Jika tidak dikendalikan, Anda bisa terkena kolesterol tinggi dan gula darah tinggi. Nah, bagi Anda yang telah memiliki riwayat dua penyakit di atas, ada baiknya memeriksa kadar kolesterol dan gula darah setelah Lebaran.

Itulah tadi lima penyakit yang dapat muncul setelah Lebaran. Anda boleh mngonsumsi hidangan yang biasanya hanya tersedia setahun sekali pada saat Lebaran. Tapi Anda harus tetap bijak dalam mengonsumsi hidangan yang tersedia.

Mitra

Contact Us

Desa Semedo RT 05 RW 05 Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, KP 53164
semedomanise@gmail.com
0813-2722-1055

Social Media