Atasi Gula Darah Tinggi dengan 5 Langkah Ini

Atasi Gula Darah Tinggi dengan 5 Langkah Ini

By : Admin | On : 25 JANUARI 2019 | 50 VIEWS

Hal yang sulit memang untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Apalagi bagi yang gula darahnya sudah terlanjur tinggi hingga terkena diabetes. Padahal untuk menjaga kadar gula darah tidak melulu harus menjauhi makanan manis atau pantangan lainnya. Nah, berikut adalah cara yang mudah untuk menurunkan gula darah :

Rajin Memantau Kadar Gula Darah

Mengecek gula darah secara rutin merupakan salah satu kunci yang paling penting. Tidak hanya mengecek, tapi catat setiap hari. Sehingga anda dapat memantau sekaligus mengontrolnya setiap hari.

Perhatikan pula gejala-gejala diabetes yang mungkin dialami seperti gampang haus, mulut terasa kering dan sering buang air.

Atur Pola Makan

Makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi, indeks glikemik tinggi atau kurang sehat umumnya merkupakan penyebab tingginya kadar gula anda.

Oleh karena itu, anda perlu mengatur lagi pola makan anda. Nasi putih yang biasa anda konsumsi bisa diganti dengan kentang rebus yang memiliki indeks glikemik yang lebih rendah. Atau anda juga bisa memperbanyak asupan serat seperti gandum, sayuran dan buah-buahan. Dan gunakan prinsip makan sedikit tapi sering dibandingkan langsung banyak dalam sekali makan.

Olahraga Rutin

Rasanya percuma jika anda telah mengatur pola makan,tapi tidak melakukan olahraga sedikit pun. Olahraga juga mampu menurunkan gula darah yang ampuh. Olahraga dapat membantu meningkatkan konstraksi otot dan mengubah gula daaarah menjadi energi. Selain itu, tetap bergerak secara aktif juga mampu meningkatkan sensitivitas insulin yang dapat membuat gula darah anda tetap stabil.

Hindari Stres

Kadar gula yang tinggi jelas membuat stres. Namun, tahukah anda, bahwa stres juga merupakan penyebab naiknya gula darah anda, lho. Karena saat anda sedang stress, tubuh anda akan memproduksi banyak hormon glukagon dan kortisol. Hormon-hormon inilah yang menyebabkan kadar gula darah naik drastis.

Cobalah untuk mencari cara menghilangkan stres. Anda bisa mulai melakukan apa yang anda sukai atau hanya sekedar jalan-jalan keluar untuk meredakan stres. Lama kelamaan, gula darah anda akan tetap stabil setiap hari.

 Tidur Cukup

Kurang tidur ternyata juga mampu menaikkan gula darah dan mengurangi sensitivitas insulin. Tidak hanya beresiko sebagai pemicu diabetes, hal ini pun mampu menyebabkan kegemukan. Dengan begitu, usahakanlah tidur minimal 7-8 jam setiap malam, agar terhindar dari diabetes dan kegemukan. Selain itu, tubuh juga akan terasa lebih bugar keesokan harinya.

Mitra

Contact Us

Desa Semedo RT 05 RW 05 Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, KP 53164
semedomanise@gmail.com
0813-2722-1055

Social Media