5 Manfaat Cokelat Hitam

5 Manfaat Cokelat Hitam

By : admin | On : 13 FEBRUARI 2019 | 44 VIEWS

Coba sebutkan, ada berapa macam cokelat yang ada di pasaran? Yep, banyak sekali, tapi yang paling sering ditemui tentu jenis cokelat susu (milk chocolate), cokelat putih (white chocolate) dan cokelat hitam (dark chocolate). Nah, dari tiga jenis tersebut, ternyata ada satu jenis yang memiliki manfaat paling banyak untuk tubuh. Coba tebak!

Benar. Cokelat hitam, memiliki manfaat paling banyak untuk kesehatan tubuh. Mulai dari kulit hingga ke dalam pembuluh darah. Jadi, apa saja manfaat cokelat hitam?

Tinggi Antioksidan

Tahukah Anda bahwa cokelat hitam mempunyai kandungan antioksidan polifenol, flavanol dan katekin yang tinggi? Nah, antioksidan ini lah yang berfungsi dalam menangkal radikal bebas penyebab penyakit dan penuaan dini.

Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dalam dark chocolate lebih tinggi daripada kandungan antioksidan dalam buah blueberry dan acai berry.

Tubuh dapat terpapar radikal bebas dari lingkungan sekitar, seperti radiasi sinar matahari, radiasi ozon, asap rokok, asap kendaraan, bahan kimia industri hingga makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Radikal bebas ini mampu menyebabkan mutasi DNA hingga berbagai macam penyakit. 

Mencegah diabetes

Mengejutkan memang, tapi ternyata cokelat hitam dapat meningkatkan kadar nitrit dioksida dalam tubuh. Akibatnya respon sensitivitas insulin pun ikut meningkat. Nah, sentivitas insulin ini yang membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil sehingga dapat terhindar dari diabetes. 

Menurunkan kolesterol

cokelat hitam yang rutin dikonsumsi dalam jangka waktu panjang mampu mmbantu menurunkan kolesterol jahat, lho. Tidak tanggung-tanggun, kadar yang diturunkan bisa mencapai 20%, sehingga risiko terkena penyakit kardiovaskular pun bisa ikut diturunkan. 

Melindungi kulit dari radiasi sinar Matahari

Flavonol dalam cokelat hitam juga bisa membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan radiasi sinar Matahari. Flavonol akan melancarkan aliran darah di kulit dan meningkatkab kekenyalan serta kelembaban kulit. 

Bahkan penelitian dalam Journal of Cosmetic of Dermatology membuktikan bahwa cokelar hitam dapat menangkal dampak buruk dari radiasi sinar UVB yang dihasilkan oleh sinar Matahari. Radiasi UVB dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit, kerusakan mata hingga kanker kulit. 

Kenyang lebih lama

sebuah penelitian dari Universitas Copenhagen membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi cokelat hitam akan merasakan kenyang yang lebih lama serta mencegah hasrat mengonsumsi makanan-makanan manis, asin dan berlemak. Ini tentubisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang sedangmenurunkan berat badan. Meskipun berdiet, Anda masih bisa makan cokelat! 

Mitra

Contact Us

Desa Semedo RT 05 RW 05 Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, KP 53164
semedomanise@gmail.com
0813-2722-1055

Social Media